Emailkisaranbarat@asahankab.go.id
Support08xxx

Kodim 0208 Asahan Buka Pendaftaran Komcad

 

Menindaklanjuti program Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI dalam rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2023 dari unsur sipil, ASN, buruh, maupun mahasiswa. Kodim 0208/Asahan membuka pendaftaran Komcad yang dimulai sejak 2 Januari hingga 14 April mendatang.

“Pendaftaran bisa dilakukan secara online bahkan offline melalui Kodim 0208/Asahan”, kata Dandim Asahan, Franki kepada awak media, Kamis (26/01/2023).

Mendaftar secara online bisa diakses melalui website komcad.kemhan.go.id atau melalui WhatsApp 089619370020.

Letkol inf Franki juga menjelaskan Komcad merupakan organisasi militer yang terdiri dari warga, menggabungkan peran militer dan karir sipil, namun demikian tidak ada unsur paksaan, seluruh warga negara Indonesia bisa mengikuti.

“Komcad sendiri bukan wajib militer,” tegasnya.

Hak dan atau keuntungan komponen cadangan selama masa pendidikan dasar yaitu, uang saku, perlengkapan perorangan lapangan, akomodasi dan logistik selama Diksar, perlindungan jaminan kerja dan kesehatan.

“Semuanya gratis dan ditanggung oleh negara,” kata Letkol Franki.

Komponen cadangan yang berasal unsur sipil, ASN, buruh, maupun mahasiswa selama pengabdian tetap mendapatkan hak ketenagakerjaan dan tidak keluar dari pekerjaannya, bagi yang berstatus Mahasiswa tetap mendapatkan hak akademisnya sampai selesai.

Letkol Inf Franki Susanto juga menyebut persyaratan menjadi Komcad yaitu, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia pada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945, usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian. “Peserta berpendidikan paling rendah sekolah menengah pertama atau sederajat,” imbuh dia.

Pria yang ramah senyum juga mengimbau dan mengajak warga Kabupaten Asahan untuk mendaftar dan bergabung bersama Komcad, Komponen Cadangan Matra Darat.

“Tidak dipungut biaya selama pendaftaran, seleksi maupun Latihan Dasar Militer (Latsarmil),” ujarnya.

Calon peserta yang mendaftar wajib mengisi berkas – berkas telah ditentukan oleh Kemenhan RI. Ada pun berkas itu riwayat hidup disertai tanda tangan dan pas foto ukuran 4×6, daftar keluarga serta surat lamaran ke Kemenhan.

Bagi yang mendaftar Online menjumpai Staff TER DIM O208/AS melalui Sertu Triwanto degan nomor HP 081265892191 dan Sertu Boy Gultom degan nomor Hp 085270007767. 

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !